Sabar Itu Sakit..

“Sabar itu sakit. Tapi begitu kita bisa melalui sakit itu, hadiah yg akan kita dapatkan indah banget..” (quote by Teh Ella)

Kata2 ini kena banget di hati saya. Menghadapi tekanan2 yg sedang ditujukan ke saya, saya menyadari bahwa saya sedang dilatih kesabaran. Walau kadang saya tidak bisa menahan sakit yg sangat menyesakkan dada saya dan hanya bisa menangis. Saya pikir menangis bisa mengurangi rasa sakit itu. Tapi toh rasa sakit itu masih terus mendera saya dan menjalar ke kepala saya sehingga membuat saya menjadi orang linglung dan kosong setiap mengingat masalah itu.

Saat ini, saya tidak memilih menangis untuk mengurangi sakit saya. Atau saya sudah terlalu lelah untuk menangis? Entahlah. Saya ngga ngerti. Tapi saya tahu sakit itu masih ada, masih kuat. Hanya saja saya tidak lagi menangis ketika mengingat masalah yg membuat sakit ini menusuk hati dan otak saya.

Iya. Saya sadar. Untuk sabar, kita pasti akan merasa sakit. Tapi begitu kita bisa bertahan ketika sakit ini mendera kita habis2an, kita akan semakin kuat dan siap menerima sakit yg levelnya lebih kuat daripada yg kita hadapi sebelumnya.

Seperti halnya ujian. Kalau kita bisa mengerjakan ujian dengan level kesulitan yg semakin tinggi, maka tingkat akademis kita juga akan semakin tinggi karena tingkat pemahaman kita semakin luas.

Dan seperti halnya orangtua yg selalu penuh kasih sayang pada anaknya, memberikan reward pada anaknya ketika naik kelas, Allah akan memberikan kita hadiah yg sangat indah.

Sekarang saya sedang menjalani ujian kehidupan, untuk meningkatkan tingkat rohani dan kedewasaan saya. Semoga saya bisa melalui ujian ini dengan baik dan dengan nilai yg tinggi dimata-Nya. Bagi saya, tingkat rohani dan kedewasaan yg semakin bertambah termasuk hadiah yg sangat indah bagi saya. Dan itu sudah cukup bagi saya untuk bekal saya menghadapi ujian yg akan semakin sulit dan semakin sulit lagi. Insya Allah..

Leave a Reply

