Belajar Mengenal Kepribadian Seseorang

Sebenarnya ketika kita mengenal seseorang, sering berinteraksi dengannya, bahkan sampai curhat2an, bukan berarti kita mengenal kepribadian orang tersebut sebenar2nya.

Awalnya saya berpikir begitu. Tapi lama2 saya jadi berpikir ulang. Karena setiap mengingat seseorang yg saya pikir saya sudah cukup kenal dan tahu kepribadiannya seperti apa, ternyata saya masih diliputi banyak pertanyaan tuh. Dia kenapa sih? Kok dia begini? Kok dia jadi begitu? Dan masih banyak lagi pertanyaan.

Saya pikir, ketika seseorang berinteraksi dengan saya, itu bukanlah berarti dia menjadi diri sendiri. Bukan berarti dia sedang ‘menyediakan pribadi dia yg sebenarnya untuk saya kenal lebih dalam’. Ngga sama sekali. Saya pikir itu hanyalah pikiran naif saya saja ketika saya melihat orang tersebut tampak nyaman ketika berinteraksi dengan saya. Mungkin saja pada kenyataannya dia berusaha keras untuk merasa nyaman dengan saya.

Satu pelajaran lagi yg saya dapat hari ini. Mengenal seseorang berarti proses pembelajaran seumur hidup. Karena kepribadian seseorang itu bisa berubah-ubah, kadang juga tak semuanya bisa terungkap dengan jelas.

Saya katakan proses pembelajaran seumur hidup karena kalau kita menganggapnya belajar, ketika kita salah dalam mengambil kesimpulan bahwa dia orangnya seperti ini atau itu, maka kita ngga akan kecewa. Yah, namanya juga belajar kan.. Ngga mungkin langsung pintar dan bisa menguasai materi dalam waktu singkat.

Jadi kalau ada orang yg nanya ke saya “Kamu kenal dia? Orangnya kayak apa sih?”

Maka jawaban saya (akan) adalah “Sejauh pengetahuan saya… bla bla bla..”

Leave a Reply

