Bidadari-Bidadari Cantik di Surga

99920

Saya teringat ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, guru agama saya mengajarkan bahwa ketika di surga nanti kita akan didampingi bidadari-bidadari cantik, sementara yang perempuan akan didampingi bidadara-bidadara tampan dan gagah. Mau apa-apa kita akan dilayani.

Kemudian salah satu teman pria saya bertanya, “Mau mandi bakal dimandiin juga, Pak?” Guru agama saya pun menjawab, “Iya dong.”

Jujur, saya yang waktu itu masih anak kecil, risih sekali mendengar jawaban tersebut. Karena sebagai anak kecil yang mulai bisa mandi sendiri saat itu, saya lantas membayangkan tubuh saya disentuh dan dimandikan seorang pria/bidadara. Pasti sangat memalukan.

Kemudian ketika kasus Amrozi cs yang akan dihukum mati bermunculan, ada salah satu pernyataan Amrozi yang masih saya ingat, dia mengatakan dengan percaya diri bahwa sudah ada bidadari-bidadari cantik yang menunggunya di surga. Dan pastinya pernyataan ini masih tidak bisa saya terima terutama pada penekanan kata bidadari.

Buat saya, bidadari-bidadari yang dimaksud berkonotasi cenderung negatif dan dicampuri dengan hasrat kita sebagai manusia dalam menginterpretasikan bidadari-bidadari di surga ini. Padahal, surga berkaitan dengan segala sesuatu yg suci.

Kemudian saya menemukan beberapa ayat yang dalam pemikiran saya, mungkin saja, menyebabkan sebagian besar orang menginterpretasikannya sebagai bidadari-bidadari cantik layaknya wanita-wanita cantik secara fisik.

Dalam surat An-Nisa ayat 58 dikatakan:

“Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam kebun-kebun yang di bawahnya mengalir sungai-sungai; mereka akan tinggal di dalamnya untuk selama-lamanya; bagi mereka di dalamnya ada jodoh-jodoh suci, dan akan Kami masukkan mereka ke tempat yang teduh lagi nyaman.”

Dalam surat Ath-Thur ayat 21 juga dikatakan:

“Mereka duduk-duduk bersandar pada dipan-dipan yang berderet-deret teratur, dan Kami akan menjodohkan mereka dengan bidadari-bidadari cantik bermata jeli.”

Nah penjelasannya dari ayat-ayat ini adalah bahwa di surga, hamba Allah yg muttaki akan dibuat hidup bersama jodoh-jodoh suci murni yg berwajah berseri-seri oleh kejuitaan ruhani yg cemerlang; atau, mereka akan mempunyai teman hidup – bidadari-bidadari cantik, yakni istri-istri mereka sendiri.

Lagipula dari salah satu ayat, saya menemukan penjelasan mengenai surga yg bukan merupakan suatu alam atau tempat. Tapi surga dan neraka hanyalah perwujudan kenyataan ruhani kehidupan ini.

Dalam ayat Ali Imran ayat 134 dikatakan:

“Dan berlomba-lombalah ke arah ampunan dari Tuhan-mu dan sorga yang nilainya seluruh langit dan bumi, disediakan bagi orang-orang muttaqi.”

Tafsiran dari ayat ini juga merujuk pada salah satu hadis yang terkenal yang menjelaskan keadaan sorga dan neraka. Bila ditanya, ” Jika sorga meliputi langit dan bumi, kemudian di manakah tempat neraka?” Rasulullah SAW balik bertanya, “Di manakah malam bila siang tiba?” (Katsir). Menurut riwayat, beliau pernah bersabda pula bahwa ganjaran sorga terkecil akan sebesar ruang antara langit dan bumi. Hal ini menunjukkan bahwa sorga merupakan keadaan rohani dan bukan suatu tempat jasmani tertentu.

Saya cuma sekedar ingin memberikan pemahaman baru agar generasi-generasi selanjutnya tidak terjebak dengan penafsiran sempit mengenai surga dan bidadari yg diinterpretasikan oleh banyak orang, lebih bersifat jasmaniah.

(Gambar diculik dari sini)

4 thoughts on “Bidadari-Bidadari Cantik di Surga

  1. assalamu ‘alaikum, nice artikel. menurut sy di alam akhirat nanti jiwa/nafs kita itu tidak berjenis kelamin seperti pada dunia ini karenanya di dalam Al-Quran kata yang dipakai untuk jiwa yakni nafs dan anfus dll berlaku untuk jiwa yang dulunya di dunia berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan.
    Karenanya azwaj muthohharoh bukan saja diterjemahkan bidadari-bidadari atawa istri-istri tetapi pasangan-pasangan/perlengkapan-perlengkapan rohani guna menikmati dan melewati kenikmatan yang tidk terbatas dengn karunia Tuhan.
    come on visit my blog.

Leave a Reply

