Jodoh dari Luar

Banyak orang bertanya, kenapa harus cari pasangan dari luar sih? Emangnya di Indonesia ngga ada?

Bingung sih menjawab pertanyaan semacam ini. Tapi pertanyaan dari saya selanjutnya adalah, haruskah letak geografis menghalangi kita menemukan jodoh terbaik? Hanya karena alasan tak ingin jauh dari orangtua, haruskah kita menolak seseorang yg sebenarnya sangat layak menjadi pendamping kita, bahkan bila dia sebenarnya adalah jawaban dari doa-doa kita? Bukankah itu akan menjadi sebuah kesalahan?

Mereka bilang, kamu siap menikah dengan orang luar? Gimana kalau ada apa-apa di sana? Kan jauh ke sananya juga.

Saya bukannya tak memahami kekhawatiran banyak orang terutama mereka yg masuk dalam lingkaran keluarga. Tetapi saya tetap tak bisa menerima alasan ‘jauh’. Walau dekat juga, kalau Allah tidak mengijinkan, apakah mereka bisa menolong saya? Bukankah mereka percaya bahwa pertolongan Allah pasti akan selalu datang? Kenapa harus secemas itu? Lagipula, adakah jaminan kalau saya menikah dengan orang Indonesia, saya tidak akan dibawa pergi jauh ke luar negeri? Bukankah akhirnya akan sama saja nantinya? Jauh juga.

Mereka bilang, kamu ngga tahu karakter dia gimana. Banyak orang bilang kalau orang sana itu kasar-kasar.

Siapa yg bisa menjamin kalau saya menikah dengan orang Indonesia, saya tidak akan mengalami kekerasan? Naudzubilah min zalik. Ngga ada seorang pun yg bisa benar-benar mengenal orang lain sedemikian detail. Selama saya belum menikahi pria itu, baik orang Indonesia maupun orang luar negeri, saya tidak akan pernah tahu bagaimana karakter orang tersebut. Yg saya andalkan memang hanya doa dan doa.

Selama alasan-alasan yg diberikan mereka tidak dapat diterima menurut agama, saya tidak akan menyerah.

Leave a Reply

