Kekuatan Dalam Kesendirian

Latihan. Latihan hidup dalam kesendirian ketika menghadapi momen-momen seperti hari ini. Momen dimana kehadiran keluarga begitu penting. Hari raya.

Tapi bisa dibilang banyak momen dimana kehadiran keluarga begitu berharga, saya lewati dalam kesendirian. Cuma lebaran Idul Fitri yg belum pernah saya alami dalam kesendirian. Alhamdulillah. Heu

Ketika saya diuji dengan sakit tipus, saya harus melewatinya tanpa keluarga dan tanpa teman. Shalat Idul Adha juga sudah dua kali ini saya lewati tanpa keluarga. Makin terbiasa sih sebenarnya. Heu.

Kesendirian, bila semakin diratapi, hanya akan menimbulkan kesedihan dan kelemahan jiwa. Tapi yg paling penting adalah bagaimana kita melewati kesendirian dengan cara yg kreatif. Bukan meratapinya, tapi mencari hikmah di baliknya.

Dan satu hikmah buat saya, kesendirian di saat-saat seperti ini adalah latihan. Latihan kekuatan diri. Agar ke depan, ketika saya harus mengalami ini lagi, bahkan lebih berat lagi, minimal kekuatan diri adalah modal bagi saya.

 

Sumber gambar: gettyimages.com

One thought on “Kekuatan Dalam Kesendirian

Leave a Reply

