Masalah Kejiwaan = Masalah Individual

Berita tentang dua orang bunuh diri di dua mal berbeda pada hari yg sama itu masih in ngga sih? Heu.

Di salah satu acara berita, katanya 1 dari 4 orang Indonesia mengalami sakit jiwa, dari tingkat ringan sampai berat. Insya Allah saya bukan termasuk yg satu itu. Haha😀

Kata seorang sosiolog di berita itu, faktor lingkungan juga turut berperan dalam menghadirkan angka itu. Oke, saya masih setuju lah. Tapi saya merasa kalo sang sosiolog itu menyalahkan lingkungan banget.

Well, saya ngga bilang kalo lingkungan ngga bersalah, tapi tetep yg punya kendali penuh itu ya individunya. Saya pikir depresi dan kawan-kawannya itu masalah kejiwaan yg sifatnya individual kan? Emang sih lingkungan itu mempengaruhi. Tapi kan ngga semua lingkungan itu buruk.

Kita punya kendali penuh dalam memilih lingkungan bagaimana yg nyaman dan tentunya baik buat kita. Jadi kalau menurut saya ya itu masalah pribadi, tentang sebuah pilihan.

Kita sebenarnya kuat dalam menghadapi masalah apapun yg diberikan oleh Sang Pencipta. Kalo ngga, ngga akan dikasih masalah seberat itu. Cuma kita aja yg memandang lemah diri kita sendiri. Akhirnya kita merasa ngga sanggup menjalani setiap masalah yg ada.

Astaghfirullah.. Astaghfirullah.. Astaghfirullah..

Semoga kita semua terhindar dari perasaan lemah dan prasangka buruk pada Allah Ta’ala. Amiiiiiiiiinnnn. ^_^

Leave a Reply

