Betapa perkasanya seorang wanita

Melahirkan dengan mempertaruhkan nyawa. Berjuang melawan maut demi menghadirkan sebuah nyawa baru di dunia.

Dan begitu mudahnya seorang anak melupakan perjuangan itu. Dan akan seketika mengingatnya ketika dia sudah merasakan beratnya perjuangan yg harus dilaluinya ketika melahirkan.

Saya belum pernah melahirkan. Saya belum pernah merasakan sakitnya menghadirkan seorang manusia ke dunia.

Tapi kemarin, ketika saya mengunjungi salah seorang teman yg baru saja melahirkan, saya merasakannya. Saya melihat perjuangannya menahan rasa sakit setelah operasi caesar. Saya melihat tubuhnya gemetar menangis. Bukan karena sakit, melainkan karena dia teringat ibundanya yg sudah tiada.

Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, mengunjungi seseorang yg baru melahirkan, saya terbawa emosi yg deras. Saya merasakan kesakitannya melahirkan bayi kembarnya. Saya merasakan kesedihannya mengingat sang ibunda yg telah tiada. Dan saya merasakan kepedihannya melewati peristiwa melahirkan ini tanpa didampingi oleh beliau.

Sempat terlintas dalam pikiran saya, mampukah saya melewati peristiwa melahirkan tanpa didampingi atau minimal dijenguk Mama?

Tapi kemudian saya ingat, Mama pun melahirkan saya, anak pertamanya, tanpa didampingi orangtuanya. Mama harus ikhlas dan kuat bertahan dari perjuangan hidup dan mati untuk saya, sendiri. Hanya didampingi Papa.

Karenanya kemudian, saya yakin kalau Mama mampu, maka saya juga harus bisa mencontohnya. Sekian tahun saya lewati dalam kesendirian, bahkan sakit terberat dalam hidup saya pun harus saya lewati sendirian. Maka seharusnya itu adalah latihan untuk mengalami kesendirian dalam peristiwa-peristiwa lain dalam hidup saya. Dan bukan tidak mungkin termasuk peristiwa kelahiran.

Tapi sekali lagi, Mama telah membuktikan dia mampu bertahan dalam kesendirian. Maka saya pun harus mencontohnya. ^_^

(Sumber gambar: http://www.images-photography-pictures.net/baby_pictures.htm)

Leave a Reply

