Menikah Tanpa Keturunan

Kalau lagi mikir serius tentang masa depan (baca: kehidupan pernikahan), saya suka ketakutan sendiri. Ngga tahu kenapa, saya suka takut kalau ternyata saya ngga bisa kasih anak buat suami saya. Walaupun kadang saya juga takut punya anak, takut ngga bisa mendidik dan membimbing mereka. Tapi ketakutan akan ngga bisa kasih anak buat suami, itu jauh lebih besar.

Saya takut kehidupan pernikahan tanpa anak tidak akan berjalan bahagia. Pasti rumah bakal hampa banget tanpa suara anak-anak. Dan pembelajaran saya dan suami sebagai manusia, tidak akan lengkap tanpa kehadiran anak.

Tapi ngga nyangka aja, pagi ini saya baca berita di yahoo. Tentang pasangan yg menikah tapi malah ngga mau punya anak. Saya pikir, ini cuma ada di luar negeri. Ngga tahunya, di Indonesia sendiri juga ada. Kasusnya memang ditemukan di kota besar sih.

Pastilah saya heran. Kok bisa mereka ngga mau punya anak? Beberapa memang ada yg memiliki alasan psikologis di masa lalu. Tapi ada juga yg ngga mau repot dan pusing sama biaya hidup yg bakal melonjak kalau ada anak. Yah, kalau mau realistis sih, memang mau punya anak itu bakal pusing. Tapi ya ngga sampai segitunya juga.

Tapi ada satu pelajaran berharga yg saya dapat. Bukan karena membaca artikel ini saya lantas juga kepikiran untuk ngga punya anak. Bukan. Saya tetep pengen punya anak. Tapi kalaupun ternyata nanti saya ditakdirkan untuk tidak bisa punya anak (naudzubilah min zalik), saya tidak akan terlalu sedih dan khawatir dengan kehidupan pernikahan saya.

Di artikel ini saya menemukan, ketiadaan seorang anak bukan lantas menjadikan kehidupan pernikahan menjadi hambar. Saya dan suami nanti bisa mengalihkan konsentrasi ke hal yg lain. Misalnya, ke anak-anak lain yg ditelantarkan orangtua kandung mereka. Atau hal-hal yg bersifat rohani. Hehehe. Yah, di balik sebuah peristiwa, selalu ada hikmah tersembunyi kan? Asal kita mau berpikir jernih disertai tawakal, kita pasti bisa lihat sisi positif dari peristiwa tersebut. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s