Cintai Karya Bangsa Sendiri

Beberapa hari yg lalu saya terlibat pembicaraan menarik sama Reza. Dia cerita kalau di Korea Selatan itu barang-barang impor sangat terbatas di sana. Masyarakat Korea berpendapat jika salah seorang dari mereka menggunakan barang-barang impor, maka dia dianggap pengkhianat. Masyarakat Korea memiliki prinsip bagus: lebih baik memberi makan bangsa sendiri daripada memberi makan bangsa lain.

Saya jadi berpikir hal yg sama. Saya percaya bangsa kita mampu memproduksi barang-barang berkualitas, bahkan sampai kualitasnya mencapai tingkat internasional. Tetapi memang dalam beberapa hal, saya akui, saya pikir kualitas bangsa lain (kecuali Cina ya) lebih bagus. Tapi saya tidak menutup mata sama sekali dengan karya anak bangsa.

Dan cerita Reza membuka mata dan pikiran saya semakin lebar. Seandainya semua masyarakat kita berpikir hal yg sama, berprinsip yg sama dengan apa yg menjadi prinsip bangsa Korea, maka kita tidak akan khawatir dengan bombardir barang-barang impor dari Cina dan negara lain. Seandainya kita memiliki kesadaran, bahwa lebih baik memberi makan bangsa sendiri daripada bangsa lain, maka kita bisa sukses dan sejahtera di tanah sendiri. Para pedagang kita tidak akan dibayang-bayangi ketakutan dan kecemasan.

Jadi mulai hari ini, mari kita mengubah cara pandang kita. Lihat dan coba lebih peduli dengan sekitar. Dan juga tanamkan kesadaran ini: lebih baik memberi makan bangsa sendiri daripada memberi makan bangsa lain. ^_^

Leave a Reply

