Ngga Kok, Saya Ngga Menyesal ^_^

Apa saya masih dikatakan beradab karena tidak pernah menyesal? Termasuk ketika saya terbukti terlalu lama dalam menyelesaikan skripsi dan meluluskan diri? Hm, saya rasa sih saya masih beradab. Hehe.

Saat ini kedua orangtua saya dalam perjalanan menuju Bandung. Sebenarnya ada wisuda hari Kamis besok. Seandainya, seandainya saya ngga banyak bersantai dan menikmati waktu yg ada, seandainya saya mau sedikit bekerja lebih keras, saya bisa membuat kedatangan mereka ngga sia2. Saya bisa meyakinkan mereka kalau mereka akan mendapatkan hasil bagus dari membuang uang mereka untuk saya. Tapi ternyata saya ngga bisa. Hehe.

Tapi saya memang tidak menyesal. Karena buat saya, menyesal tidak ada gunanya kalau saya ngga berbuat sesuatu untuk menutupi kesalahan saya. Saya salah, saya ngga perlu dikasih tahu kalau saya salah. Saya sudah sadar sesadar-sadarnya kok kalau saya salah. Jadi sekarang, daripada saya mengutarakan penyesalan saya, lebih baik saya buktikan dengan tindakan kalau saya berusaha memperbaiki kesalahan saya.

Caranya? Saya kerjakan skripsi saya dengan sebaik-baiknya. Saya usahakan saya memahami dan mengerti setiap kata yg saya buat dalam skripsi saya. Dan setelah saya lulus sidang, saya sudah punya banyak rencana lain untuk memberikan kebanggaan yg tertunda pada orangtua saya.

Buat saya, perasaan menyesal itu perlu. Tapi perasaan menyesal itu hanyalah jalan untuk membuka mata kita dan mau menapak tilas apa saja sih yg sudah kita lakukan sehingga kita bisa melakukan kesalahan itu. Kalau perasaan menyesal hanya akan menghambat kita untuk maju karena kita terlalu lama terpaku pada perasaan bersalah dan penasaran kenapa kita bisa melakukan kesalahan itu, maka perasaan menyesal itu sama sekali ngga berguna.

Satu kutipan dari teman saya yg saya suka banget: I hate regret more than apologize. Jadi, lebih baik minta maaf dan bertindak, daripada terpaku pada perasaan menyesal dan mandek begitu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s