Amanat Huzur: 10 Sifat Yg Harus Dimiliki Ahmadi/Muslimah

Allah SWT berfirman bahwa wanita beriman yang sejati adalah mereka yang menempuh jalan kebenaran, mereka yang beriman kepada islam dengan kuat dan menganggapnya sebagai jalan menuju keselamatan yang hakiki. Kemudian meningkatkan keimanan mereka dengan mengikuti Allah SWT, Rasul-NYa, Kitab Suci-NYA, dan prinsip-prinsip dasar keimanan kepada-NYA.

Salah satu ciri dari kemajuan rohani mereka adalah :
Mereka menjadi Qanitaat yakni menjadi patuh sepenuhnya kepada Allah SWT dan berusaha untuk melaksanakan semua perintahnya.

Setelah tingkat kepatuhan telah diraih, lalu mereka berusaha untuk menjadi Sadiq (benar) / Sadiqaat (wanita yang benar) yakni mereka orang-orang yang menghindari segala bentuk kebohongan, kecurangan, kepalsuan, dan bebas dari segala macam bentuk kemunafikan. Apapun yang mereka katakan adalah apa yang sesuai dengan hati mereka. Ketika mereka berbicara, tidak menyakiti hati siapapun, berbalas dendam, atau menciptakan kesan negatif bagi jemaat. Tidak berbicara buruk tentang orang lain ketika berkumpul. Jadi ketika seorang wanita mencapai tingkat Sadiqaat, ia menanam benih tanaman yang harum yakni para Sadiqeen & Sadiqaat masa depan, dan menjadi penjamin kedamaian&ketenangan alam semesta.

Sabiraat (orang sabar) berarti bahwa kebenaran harus menjadi bagian tidak terpisahkan dari hidup kalian. Ketidaksopanan dan kebodohan duniawi, kepura-puraan, kemunafikan manusia duniawi & godaan syaitan janganlah pernah menggoyahkan iman kalian. Justru kalian harus terus berpegang kuat kepada tali kebenaran dengan kesabaran & kebulatan tekad.

Orang-orang yang mengikuti jalan kebenaran memiliki sifat Khushoo (kerendahan hati). Perintah ini berlaku sama bagi pria&wanita, karenanya wanita menjadi Khashiaat yakni menunjukan kerendahan hati yang penuh & sempurna, memiliki rasa takut kepada Allah&selalu mengingat-NYA di hati mereka. Kalian akan menjadi sabar bila kalian menerapkan kerendahan hati, dan kalian harus memiliki sifat kerendahan hati agar memiliki rasa takut kepada Allah SWT.

Mereka yang mencari kedekatan kepada Allah SWT di sebut Mutasadiq. Pentingnya bagi pria untuk menjadi Mutasadiq & penting bagi wanita untuk menjadi Mutassadiqat. Yakni mereka yang diberi berkat oleh Tuhan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Selanjutnya Allah SWT berfirman bahwa wanita yang beriman adalah Saamiaat yakni mereka yang terus menerus berusaha untuk meningkatkan tingkat rohani mereka. Mereka melakukan puasa untuk menanamkan kebiasaan berkorban. Ketika berkorban telah menjadi suatu kebiasaan, ketaatan mereka untuk menolong sesama akan meningkat dan tingkat rohani mereka akan meningkat ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Seorang wanita harus menjaga kemurnian, kesucian, dan kehormatannya di atas segalanya. Sambil mawas diri, kalian harus juga meminta pertolongan dari Allah SWT, memperhatikan ibadah kalian dan menyibukan lidah kalian dalam berdoa dan mengingat Allah, karena Allah SWT berfirman bahwa Dia akan mengampuni dosa orang-orang tersebut. Dia juga akan menjauhkan mereka dari dosa, karena mereka berikhtiar dalam melakukan hal-hal baik dan selalu mengingat Allah agar terhindar dari dosa. Kedudukan seorang wanita Ahmadi adalah jauh lebih tinggi daripada wanita pada umumnya.

Oleh karena itu tingkatkanlah tingkat agama & rohani kalian agar kalian dapat juga mengajarkannya kepada anak-anak kalian. Ketika kalian berusaha untuk mencetak hidup kalian di jalan ini, maka kalian akan menciptakan suatu bangsa dari generasi mendatang yang terdiri dari Muslim&Muslimah, Momineen&Mominaat (Pria&Wanita Beriman), Qaniteen&Qanitaat (Pria&Wanita Patuh), Sadiqeen&Sadiqaat (Pria&Wanita yang benar), Sabireen&Sabiraat (Pria&Wanita yang sabar), Khashieen&Khashiaat (Pria&Wanita yang rendah hati), Mutasadiqeen&Mutasadiqaat (Pria&Wanita yang dermawan), Samieen&Samiaat ( Pria&Wanita yang berpuasa), Hafizeen&Hafizaat (Pria&Wanita yang menjaga kesucian), Zakireen&Zakiraat (Pria&wanita yang mengingat Allah) (33:36)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s