Tentang Cinta

Saya heran dengan diri sendiri. Kenapa saya tak juga merasa puas dengan cinta yang sudah Allah berikan kepada saya? Kenapa saya masih butuh cinta dan pengakuan dari manusia selain keluarga? Kenapa begitu sulit untuk menjaga kesadaran bahwa sebenarnya saya sama sekali tak perlu cinta dan perhatian manusia yang tak berhak? Dan kenapa pula saya harus merasa rendah diri ketika saya tak mendapatkan semua itu dari MANUSIA??

Betapa naifnya saya dalam memaknai hidup. Betapa bodohnya saya hingga butuh waktu begitu lama untuk bisa memiliki kesadaran ini. Bahkan hingga kini pun, saya masih dalam perjalanan mempertahankan kesadaran ini. Kesadaran bahwa cinta sejati yang Allah berikan dalam hidup saya, adalah satu-satunya cinta yang takkan pernah mengkhianati saya.

Untuk apa berharap pada manusia? Untuk apa menggantungkan begitu banyak cinta dan imajinasi akan masa depan bersama manusia lain? Sedangkan ketika itu tidak terjadi, rasa sakit akibat terhempas akan amat sangat menyiksa. Berkali-kali terhempas dalam jarak waktu tak sebentar, tak juga membuat saya sadar dan belajar.

Ya Allah. Naifnya hamba-Mu ini. Hanya inginkan diri merasa cukup dengan cinta-Mu dan keluarga. Hanya inginkan diri untuk berdiam, tak menjatuhkan hati begitu cepat pada mereka yang belum mendapatkan restu dari-Mu. Dan kalaupun Kau telah menentukan pilihan-Mu untukku, aku sungguh tak ingin tahu. Hanya ingin menjadi hamba yang pasrah dan patuh seutuhnya. Dan hanya ingin menjadi hamba yang hanya menelusuri jalan yang memang telah Kau tentukan untukku, yang takkan pernah tergoda untuk berbelok ke arah lain.

Dan seandainya aku bisa, aku ingin melantunkan doa yang sederhana. Seperti doa yang Zeest lantunkan sebelum ia bertemu Aariz:

“Sebagian orang berharap dapat menikah dengan laki-laki yang mereka cintai. Doaku sedikit berbeda: Aku dengan rendah hati memohon kepada Tuhan agar aku mencintai laki-laki yang aku nikahi.”

2 thoughts on “Tentang Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s