Geser dong!

Angkot itu sudah menunggu di salah satu sisi jalan seperti biasa. Perempuan yang selalu berjalan cepat itu pun tanpa ragu masuk ke dalamnya. Ia sempat tertegun sejenak mencari posisi duduk. Tak ada seorangpun yang bergeming dan menggeser bokongnya sedikit, memberi tempat bagi perempuan itu untuk duduk. Tanpa permisi, si perempuan ini duduk di posisi kedua paling akhir di bangku sebelah kanan supir, memaksa salah satu penumpang menggeser bokongnya. Si penumpang yang berpenampilan mahasiswi itu melihat si perempuan dengan tatapan sebal. Tapi si perempuan tak peduli. Secara perlahan si perempuan menatap balik si mahasiswi itu dengan tatapan apa-lo-liat-liat.

Untuk sebagian orang yang melihat kejadian ini, mungkin mereka akan berpendapat bahwa si perempuan adalah orang yang egois. Mereka akan berpendapat, “Apa susahnya sih bilang punten kek, permisi kek, maaf kek! Grusak grusuk!”

Namun sebaliknya, saya juga ingin bertanya: apa sih susahnya buat si penumpang untuk menggeser sedikit bokongnya dan memberikan tempat bagi penumpang lain untuk duduk? Apa bokongnya terlalu berat?

Disadari atau tidak, sikap-sikap ‘tak bersahabat’ semacam ini sering kita jumpai di angkot. Sederhana sih memang. Bahkan sebenarnya sikap ini bukanlah hal penting untuk dibahas karena di jaman sekarang mau ngga mau kita harus terbiasa dengan banyaknya sikap ‘tak bersahabat’ yang sudah menjadi budaya sehari-hari. Tapi bukannya kebiasaan buruk yang kecil bisa jadi besar kalau dibiarkan?😉

Saya pikir, sudah seharusnya bagi kita untuk sadar bahwa ketika kita sedang berada di angkutan umum, selayaknya jiwa sosial kita lebih keluar dibandingkan jiwa individualistis kita. Minimal, kita dengan sadar dan mau ‘bersusah-payah’ menggeser bokong kita sedikit untuk memberi tempat bagi orang lain untuk duduk. Ngga susah kan? Ngga perlu nunggu orang lain bilang permisi atau maaf kan hanya supaya dia bisa mendapatkan haknya untuk sama-sama duduk di angkutan kota?

Jadi, kalau saya grusak grusuk ketika saya tak mendapatkan hak saya untuk sekedar duduk di angkot, jangan kaget ya! Haha😉😀

2 thoughts on “Geser dong!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s