Belajar dan Bersyukur :)

Kemarin hari pertama saya kuliah program S2. Minggu sebelumnya memang ada kuliah umum tapi karena itu kuliah umum, saya merasa itu sama saja dengan kuliah-kuliah umum yang pernah saya alami di S1. Tapi kemarin, walaupun baru kuliah matrikulasi, saya sudah merasakan perbedaan yang nyata.

Di hari pertama kuliah matrikulasi kemarin saya diberi tahu oleh dosen saya yang kebetulan juga pembimbing skripsi saya dulu. Dia menjelaskan apa-apa saja yang harus kami [saya dan teman-teman S2 saya yang lain] lakukan. Sedari awal kami sudah dianjurkan untuk mulai membuat desain penelitian yang akan kami jadikan thesis nanti. Itu berarti saya sudah harus tahu masalah apa yang mau saya teliti, teori apa yang akan saya pakai, dan metode apa yang akan saya gunakan. Kami juga diharuskan membuat jurnal yang harus diterbitkan oleh institusi terakreditasi. Khusus masalah thesis, saya sendiri sudah ada bayangan akan membahas apa untuk thesis saya nanti. Tapi semua itu masih berupa bayangan yang belum terkonsep. Sedangkan untuk jurnal, jujur aja saya ngga tahu bagaimana menulis jurnal dan apa yang mau saya tulis. Haha😀

Pertama kali mendengar penjelasan dosen saya itu, jujur sih rasanya kuliah S2 ini berat. Tapi kemudian saya segera menyadarkan diri bahwa itu semua insya Allah bisa dilakukan sambil berjalannya waktu. Kalau dari awal saya sudah berpikir bahwa itu berat, maka kedepannya akan benar-benar memberatkan saya. Saya ingat, dulu waktu sekolah, setiap mau kenaikan kelas saya selalu berpikir, “Gimana ya nanti kelas X? Pasti susah banget.” Begitu terus setiap naik kelas. Waktu mau masuk kuliah juga saya masih mempertanyakan hal yang sama, mengkhawatirkan hal yang sama. Tapi kenyataannya, tak pernah sesulit yang saya takutkan. Alhamdulillah saya bisa menjalaninya dengan baik.

Saya harus sadar bahwa ini adalah jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tentu bobotnya pun harus lebih tinggi. Dan kualitas serta kuantitas belajar pun harus lebih tinggi lagi. Dosen saya mengatakan bahwa semua itu harus bisa dinikmati. Kalau kita ngga bisa menikmatinya, maka sekolah hanya akan menjadi beban. Lagipula, seperti sebuah kutipan dalam bahasa Inggris yang pernah saya baca: Jika ingin mendapatkan sesuatu yang tidak pernah kita miliki sebelumnya, maka kita juga harus melakukan sesuatu yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya. Dalam hal ini, kita harus bisa dan mau mengorbankan beberapa hal demi tercapainya tujuan-tujuan kita. Misalnya, mengorbankan lebih banyak uang atau waktu untuk bermain-main dan bersenang-senang. Hehe.😀

Semoga semangat saya terus terjaga dan bahkan semakin tinggi selama menjalani kuliah ini. Bukan karena kebutuhan untuk menjadi dosen yang berkualitas [saja], tetapi karena saya pun ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas saya sebagai manusia. Kuliah ini telah membukakan mata saya lebih lebar lagi. Saya betul-betul merasa bersyukur bisa mencicipi bangku kuliah ini. Saya juga tak henti-hentinya merasa bersyukur telah dianugerahi orangtua yang memiliki pandangan luas serta kebesaran hati untuk mau menyekolahkan saya lagi dengan ikhlas. Sungguh saya merasa bersyukur untuk semua ini. Berjuta ucapan terima kasih untuk mereka takkan pernah cukup untuk semua anugerah ini dalam hidup saya. Tentunya saya tak akan lupa bahwa semua ini tak kan pernah terwujud tanpa ridho dan kasih sayang Allah Ta’ala kepada saya. Saya sungguh merasa malu karena apapun yang telah saya lakukan, Dia tak pernah berhenti melimpahi saya dengan cinta dan kasih sayang-Nya. Betapa Dia Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

Semoga saya bisa menjaga amanat ini dan menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan hasil yang terbaik. Amin Allahumma Amin. Doakan saya selalu.🙂

2 thoughts on “Belajar dan Bersyukur :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s