Semangat, Semangat! :D

Saya baru sadar bahwa semangat belajar saya baru menggebu-gebu ketika saya kuliah S2 ini. Ngga tahu kenapa tapi kayaknya saya semangat banget mendapat setiap ilmu baru dari dosen. Beberapa memang bikin kepala saya pusing, pening, dan bahkan stress. Tapi kalau mau dibandingkan dengan stress menghadapi masalah yang lain, stress karena kuliah itu beda. Stress yang menyenangkan! Hehe😛

Dan entah kenapa, di balik tekanan-tekanan ini, saya menemukan kesenangan. Akhirnya saya menghipotesakan munculnya semangat belajar di S2 ini sebagai berikut:

1.  Saya menghabiskan waktu 2 tahun CUMA buat ngerjain skripsi aja. Dalam waktu 2 tahun itu saya bisa dibilang tertekan karena harus 3 kali ganti judul dan akhirnya saya memutuskan lebih baik saya bersenang-senang sampai harus lupa akan kewajiban saya menyelesaikan skripsi. Selama masa bersenang-senang itu tanpa sadar saya telah kehilangan apa yang saya pelajari selama 4 tahun di kampus. Tak tersisa sedikitpun! Dan setelah pergantian judul yang ketiga (dengan bantuan dosen pembimbing tercinta), akhirnya saya belajar lagi, berusaha meraih kembali ilmu-ilmu yang melayang dengan cara mengingat-ingat lagi. Dan hasilnya, saya merasa saya semakin tak tahu apa-apa dan melanjutkan kuliah adalah jalan satu-satunya untuk bisa memahami apa yang saya pelajari selama 4 tahun ini.

2.  Karena menjalani kuliah S2 ini adalah keinginan saya sendiri, plus dengan jurusan yang saya suka dan nikmati, makanya saya merasa ikhlas menjalaninya. Dan setiap ilmu yang saya dapatkan, saya respon dengan sukacita. Tugas memang lebih banyak, kewajiban menulis juga semakin dibebankan, tapi saya tak gentar ketika mendengarnya. Buat saya, apapun yang dibebankan kepada saya adalah untuk kebaikan saya sendiri. Kalaupun saya mengeluh banyak tugas, itu sebenarnya adalah keluhan untuk diri saya sendiri yang masih juga bermasalah dengan pengaturan waktu. Dan karena frasa yang paling singkat untuk mengeluhkan hal ini adalah “Banyak tugas!”, ya akhirnya yang keluar itu deh. Hehe😀 tapi sebenarnya saya meminta saran banget untuk kelemahan saya yang satu ini.

3.  Saya baru sadar bahwa kesenangan saya belajar dan membaca baru muncul di akhir perkuliahan saya di S1. Dan alhamdulillahnya semangat itu terus ada sampai sekarang. Makanya ia berperan penting sekali dalam dunia perkuliahan S2 yang saya jalani sekarang. Hehe😛

Demikian posting singkat ini. Saya tulis ini sebelum menulis laporan bab yang sudah saya tumpuk selama seminggu. Yah, untuk merefreshkan otak plus supaya ide ngga penting ini tidak hilang begitu saja, jadi saya memilih menulis ini duluan.😀 SEMANGAT, SEMUANYA!!😉

2 thoughts on “Semangat, Semangat! :D

Leave a Reply

