Kejeniusan Ahmad Dhani

Dalam salah satu episode Just Alvin di Metro TV, bintang tamunya adalah Ahmad Dhani. Salah satu pertanyaan Alvin ketika itu adalah “Kenapa Dhani tak pernah mengklarifikasi hubungannya dengan Mulan? Kenapa Dhani membiarkan saja isu-isu mengenai dia dan Mulan terus beredar?”

Jawaban Dhani sungguh mengejutkan saya. Tanpa sungkan dia menjelaskan begini:

Di Hollywood sana, kehidupan pribadi seorang artis adalah value, sebuah nilai tersendiri. Dan itu ternyata bisa dijual. Contohnya Angelina Jolie dan Katie Holmes yang menjual mahal foto-foto bayi mereka. Hal inilah yang dilirik Dhani. Dia sadar kualitas atau nilai dirinya, dan dia tak mau menjual murah nilai itu. Klarifikasi mengenai gosip atau isu apapun yang beredar mengenai dirinya adalah sebuah nilai yang bisa dijual. Karenanya Dhani hanya akan memberikan klarifikasi bagi mereka yang berani membayar sejumlah rupiah (yang pastinya tidak murah) kepadanya. Konsep ini sudah diterapkan semua artis yang bernaung di bawah manajemennya yaitu manajemen Republik Cinta (kecuali Dewi Perssik saya rasa, menilai dari seringnya dia nongol di televisi dan betapa mudahnya dia memberikan klarifikasi mengenai apapun yang terjadi dalam hidupnya :D).

Dari sini saya akhirnya mengakui bahwa sosok Ahmad Dhani ini memang fenomenal dan jenius! Saya pikir kejeniusan Dhani hanya dalam menciptakan lagu dan menemukan bakat-bakat bintang. Tetapi bahkan hal yang sesederhana ini pun dia bisa melihatnya sebagai celah yang akan mendatangkan pundi-pundi rupiah. Dhani begitu cermat menemukan sesuatu yang bahkan belum terpikirkan oleh masyarakat Indonesia yang masih awam, termasuk saya. Pikirannya harus diakui memang jauh kedepan.

Memang harus diakui bahwa ada banyak masyarakat yang menilai bahwa Dhani arogan dan menjengkelkan. Saya pun pernah (atau mungkin masih? Saya belum bisa memutuskan :D) termasuk ke dalam masyarakat yang memiliki pikiran yang sama dengan masyarakat tersebut. Tapi mengenai pendapat Dhani yang satu ini, saya mendukung dia 100%.

Kehidupan privasi Dhani memiliki nilai karena kehidupan dia tidak berkaitan langsung dengan masyarakat. Artinya kehidupan pribadinya bukanlah sesuatu yang wajib dikonsumsi publik, publik tidak akan terdampaki apa-apa dengan kehidupan pribadinya, baik buruk ataupun baik. Masyarakat tidak akan menjadi susah mendapatkan BBM kalau ada artis yang berkelahi dengan pasangannya, misalnya. Itulah mengapa Dhani memiliki hak paten atas kehidupan pribadinya dan dia juga memiliki kebebasan mutlak untuk menentukan aturan bagi siapapun yang ingin mendapatkan komentar atau klarifikasi apapun mengenai kehidupannya. Dan buat saya, aturan Dhani mengenai prinsip ‘jual-beli’ ini adalah sesuatu yang jenius.

Kebanyakan masyarakat kita berpendapat bahwa kehidupan seorang entertainer adalah milik semua orang. Entah dari mana prinsip lucu ini berasal. Hanya karena mereka sering muncul di layar televisi kemudian kita punya hak mutlak atas kehidupan mereka? Nope! Entertainer sama seperti profesi lainnya. Mereka adalah penghibur, profesi mereka memang menghibur entah di layar televisi atau di atas panggung. Itulah tempat bekerja mereka. Begitu mereka tidak berada di layar televisi atau turun dari panggung, mereka kembali menjadi manusia biasa yang punya privasi dan itu adalah hak mutlaknya. Lucu aja kalau masih ada sejumlah masyarakat atau infotainment yang mendesak seorang artis atau entertainer untuk membeberkan kehidupan pribadinya, hanya karena mereka merasa itu adalah kewajiban si artis atau entertainer tersebut.

Memang wajar sih kita ingin tahu bagaimana kehidupan orang-orang yang kita idolakan dan kagumi. Tetapi perlu disadari bahwa mereka hanyalah manusia biasa. Mereka juga ingin punya privasi, bisa beristirahat dengan tenang di rumahnya, menyelesaikan masalah pribadinya tanpa gangguan orang banyak. Sehingga kita harus bisa menghormati dan menghargai privasi tersebut.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s