Sebaiknya Haji itu dilaksanakan sekali saja

Kecuali situasi tertentu seperti ingin menemani yg muhrim. Kalau pengen naik haji lagi hanya karena merasa rindu untuk kembali ke Mekkah, aku rasa tidak perlu di saat ibadah Haji. Umroh kan masih ada.

Kalau ibadah haji kan ditetapkan kuota. Selayaknya mereka yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji, memberikan tempat bagi mereka yang belum melaksanakannya. Ibadah Haji kan hanya diwajibkan sekali. Setelah melaksanakannya, lebih baik terus memperbaiki akhlak dan ibadah agar semakin sempurna diri kita sebagai manusia dan hamba-Nya.

Kalau berlebih uang, jangan khawatir bagaimana menghabiskannya. Ada begitu banyak orang miskin di Indonesia. Sedekahlah sebanyak-banyaknya. Kalau perlu, naikkan haji orang lain yang memang layak untuk itu namun memiliki kendala finansial. Atau beli tanah yang banyak untuk diwakafkan ke pembangunan mesjid, sekolah atau rumah sakit. Jadi, uang yang kita punya bisa kita banggakan di akhirat nanti karena terus memanjangkan amalan kita di dunia yang akhirnya melapangkan jalan kita menuju surga.

Menurutku sih begitu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s