Bapak Muhammad Senen

image

Aku lupa detail pertemuan pertamaku dengannya. Tapi aku tak akan pernah lupa bagaimana perasaanku pertama kali melihatnya. Entah bagaimana, terselip kenangan wajah almarhum Mbah Kakung setiap melihat almarhum Pak Senen.

Wajahnya sendu, usianya jelas renta, tapi semangatnya mencari nafkah tidak dengan mengemis adalah jelas inspirasi. Dengan penuh semangat beliau menawarkan koran ke setiap orang yang ditemuinya. Mahasiswa-mahasiswa di kampus Unpad, bahkan orang-orang di Gasibu di hari Minggu.

Walaupun membopong tas berisi koran-koran itu jelas tak mudah baginya, dia tidak menyerah. Dia juga tak pernah mengeluh. Apalagi merasa malu. Aku bisa melihat justru di tas itulah letak harga dirinya, yang bisa membuatnya terus berjalan tanpa harus menundukkan kepala.

Aku memang tidak setiap hari bertemu dengannya. Intensitas pertemuan kami bisa dihitung dengan jari. Aku ingat bahkan tak sampai lima kali. Tak seperti anak-anak Unpad Dipati Ukur yang bisa berjumpa dengannya beberapa kali dalam sehari.

Tapi bagiku, kepergiannya tadi malam menancapkan kesedihan yang amat mendalam. Sekali lagi aku diberi ujian dengan perasaan pedih dan kehilangan. Aku tak peduli kalau perasaan semacam ini dianggap tak wajar, karena tertuju pada seseorang yang tidak dekat sama sekali. Tapi memang begitulah yang terjadi. Perasaan semacam itulah yang bergelayut di hati, bahkan sampai hari ini.

Bagiku, semangat hidup tanpa meminta yang almarhum Pak Senen selalu sebarkan lewat koran-koran yang dia tawarkan, telah terpahat manis di memoriku. Perjuangannya nyata terlihat. Tak perlu dia mengucapkan kata-kata yang filosofis nan berat. Hanya dengan itu, dia telah berhasil menebarkan semangat, dan sekaligus inspirasi, yang semoga akarnya semakin tertanam kuat.

Selamat jalan, Pak Senen. Insya Allah amalmu melapangkan jalanmu menuju surga Sang Pencipta dan Pemilikmu. Aamiin ya rabbal aalamiin.

*Gambar diambil dari Twitter.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s