Standar Kesederhanaan

Sekali lagi tulisan ngga penting muncul di blog ini. Ngga penting untuk orang lain, tapi minimal penting buat aku. Hehe. Sekedar untuk mengingatkan diri sendiri aja sih.😀

Soal kesederhanaan, kadang suka ada pemikiran bahwa ia bersifat relatif. Sederhana untuk si A dengan penghasilan sekian tentu berbeda dengan sederhananya si B yang penghasilannya sekian. Tapi ketika melihat orang-orang tertentu sebagai contoh gaya hidup sederhana, aku pikir ada standar tertentu yang bisa dijadikan patokan apa dan bagaimana sederhana itu.

Menurutku, sederhana itu gaya berpenampilan kita, pembawaan kita, gaya berbicara kita, dan penilaian kita terhadap orang lain, tidak menampilkan kekayaan yang kita miliki. Kalau orang lain tidak tahu bahwa seseorang itu kaya raya, maka dia bisa dikatakan telah berhasil menerapkan gaya hidup sederhana.

Ya ngga perlu berpakaian compang camping juga ya untuk ‘menyamarkan’ kekayaan. Tapi aku kira, tak perlu kita berpenampilan yang menampilkan kemewahan yang tidak pada tempatnya, yang menarik perhatian, yang bahkan bisa memancing gunjingan.

Memang sih, kadang ‘tampak mewah’, ‘menarik perhatian’, atau bahkan ‘memancing gunjingan’ adalah situasi yang tak bisa dirancang atau diprediksi. Kadang kita terjebak dalam situasi tersebut tanpa kita mau dan tanpa kita rencanakan. Tapi selama kita mau, kita bisa berusaha untuk menghindari situasi tersebut.

Allah SWT Maha Melihat, Dia pasti melihat niat kita dan Dia akan menjaga dan melindungi kita. Insya Allah, kalau kita membersihkan hati kita dari nafsu dan ego dan memantapkan niat kita untuk tampil sederhana, Dia akan menuntun langkah kita.

2 thoughts on “Standar Kesederhanaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s