Sempurna

“Aku jauh dari sempurna. Aku bahkan tak yakin bisa menjadi ayah yang baik untuk anak-anakku kelak.” Sebuah pengakuan meluncur dari seorang Raja. Raja yang dikenal sebagai sosok yang pendiam, yang tak pernah banyak bicara, Raja yang kini kukenal berbeda. Aku tak tahu kenapa dia tiba-tiba bicara begitu. Kami sudah saling mengenal lama sekali. Tapi baru malam ini aku mendengar Raja mengakui kelemahan dan kekhawatirannya, atas dirinya sendiri.

Aku dan Raja terbilang cukup dekat. Cukup dekat untuk tahu bagaimana dia, baik dan buruknya. Dan ini agak mengherankan karena hanya denganku, Raja bisa begitu banyak bicara. Obrolan kami hampir selalu tak mengenal kata habis. Kami bisa membicarakan banyak hal. Dari hal-hal yang sangat serius seperti agama, hingga hal-hal yang lagi marak macam film Korea.

Kebanyakan laki-laki yang berusaha dekat denganku, berusaha menunjukkan kesempurnaannya. Dari segi apapun. Kemapanan, kepintaran, kegemilangan karir, bahkan pendekatan agresif pada keluarga juga mereka lancarkan. Anehnya, tak satupun membuat hatiku mencair dan menjadi yakin. Aku tak paham. Bukankah manusia selalu ingin mencari yang terbaik, yang mendekati sempurna? Kenapa hatiku tak tergerak dengan usaha mereka yang ingin terlihat sempurna?

Dan Raja.. Kenapa hatiku seketika yakin ketika ia justru mengakui ketidak-sempurnaannya? Kenapa hatiku berdesir mendengar ia mengutarakan kelemahan-kelemahannya?

Kami hanya sahabat, kan? Tapi kenapa aku bisa melihat diriku di masa depan membangun rumah tangga dengannya? Kenapa aku ingin ia menjadi ayah untuk anak-anakku?

Haya satu yang aku tahu, mulai saat ini, Raja sudah berbeda di mataku. Raja bukan lagi hanya seorang sahabat. Ia adalah keyakinanku. Keyakinanku akan sosok yang kuinginkan menjadi pendamping dan ayah bagi anak-anakku. Mulai saat ini, ia adalah doa-doaku. Ia adalah sosok sempurna di mataku justru ketika ia tahu bahwa ia tak sempurna.

One thought on “Sempurna

Leave a Reply

