Apa Tujuan dan Manfaat Shalat Istikhara?

Pertama, istikhara tidaklah berarti meminta atau memohon informasi/kabar kepada Allah. Kata ini benar-benar telah disalahpahami. Hal yang mengarah pada mengajukan pertanyaan atau meminta informasi/kabar, digambarkan dalam Bahasa Arab dengan kata istikhbara. Khabar berarti informasi/kabar. Anda menggunakan istikhbara, saat anda ingin meminta suatu kabar.

Istikhara itu dari khair yang berarti baik. Istikhara berarti memohon kebaikan dari Allah. Jadi, merupakan suatu kesalahan sekiranya beranggapan bahwa istikhara adalah meminta petunjuk dari Allah dan anda akan mendapat jawabannya. Apa yang dimaksud istikhara adalah anda meminta/memohon kebaikan kepada Allah “setelah atau hampir” anda memutuskan untuk melakukan sesuatu.

Ketika anda memohon, “Ya Tuhan, berikanlah kebaikan untukku.” Itu berarti bahwa anda hampir memutuskan untuk melakukannya. Inilah mengapa dikatakan “Darkare khair, hajate hi istikhara nis”, hal-hal yang kebaikan sudah terdapat di dalamnya, adalah tidak perlu melakukan istikhara. Jadi, istikhara berarti memohon kebaikan.

Kata istikhara sering disalahpahami. Istikhara hendaknya dilakukan setelah atau hampir anda melakukannya dan anda merasa sulit untuk memutuskannya. Anda melihat hal tertentu baik bagi diri anda. Karena kerendahatian atau sebatas pengakuan bahwa hal itu memang nampak baik bagi anda, tapi tidak berarti itu baik di hadapan Allah. Anda memohon kepada Allah supaya Dia meletakkan kebaikan atas hal tersebut dimana kebaikan itu masih belum terkandung di dalamnya. Untuk membuat sesuatu itu baik, padahal tidak baik, itulah yang disebut istikhara.

Sering terjadi, bahwa ketika anda akan melakukan sesuatu dan anda memohon rahmat Allah supaya Dia menurunkan kebaikan, akan tetapi Allah mengetahui bahwa hal tersebut tidak baik bagi anda, dan tidaklah bijaksana untuk menjadikannya baik bagi anda, dalam kasus seperti itu, terkadang Dia memperlihatkan sebuah mimpi kepada anda atau dia membuat hal tersebut menjadi sulit untuk dilakukan. Tapi, semua itu bersifat kadang-kadang (tidak semestinya).

Jadi, istikhara tidak berarti meminta petunjuk dari Allah tetapi memohon kebaikan dari-Nya.

MP3 from alislam.org (english), keyword: What is the purpose and benefit of Istekhara prayers? Pent: @righteous4din

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s