Panduan Memilih Pasangan

Barangsiapa yang menikahi seorang perempuan karena kemuliaannya, maka Allah tidak akan menambahkan untuknya kecuali kehinaan. Barangsiapa menikah karena harta, maka Allah tidak akan menambah untuknya kecuali kefakiran. Barangsiapa menikah karena keturunan, Allah tidak akan menambah untuknya kecuali kerendahan. Barangsiapa menikah karena tidak menginginkan sesuatu, kecuali untuk menundukkan pandangan, menjaga diri dari perzinaan, atau semata mahabbah (rasa cinta) kepada Allah, maka Allah pasti akan memberi keberkahan kepada keduanya.
(HR. Thabrani)

Tidak ada yang lebih baik yang didapat oleh seseorang yang masuk Islam, selain istri yang beriman. Jika ia memandangnya, maka akan mendatangkan kebahagiaan. Jika ia tidak berada di rumah, sang istri menjaga dirinya dan harta suaminya dengan baik.
(HR. Thabrani dan Abu Hurairah)

Janganlah menikahi wanita karena kecantikannya, karena bisa jadi kecantikannya itu membuatnya lupa diri. Janganlah menikahi wanita karena hartanya, karena bisa jadi harta itu menjadikannya sombong. Akan tetapi, nikahilah wanita karena agamanya. Sungguh, budak wanita yang hitam tapi yang beragama, adalah lebih baik bagimu.
(HR. Ibnu Majah, Al-Bazzar, dan Baihaqi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s