Bangga Berhemat

Seseorang pernah mengatakan bahwa daripada berhemat, dia lebih memilih untuk kerja sekeras-kerasnya supaya bisa meningkatkan pendapatannya dan bisa memenuhi perilaku borosnya. Aku sempat merasa setuju juga. Pasti senang bisa membeli apapun yang diinginkan.

Lalu, Mama pernah cerita bahwa seseorang pernah mengatakan padanya, dia bangga bisa irit atau hemat. Di sini aku bingung. Kok bisa berhemat menjadikan kita bangga? Apa yang pantas untuk dibanggakan? Dan kenapa bisa memunculkan rasa bangga?

Terus aku praktekkan lah tips berhemat seperti yang diceritakan orang itu ke Mama. Enggak usah aku ceritakan di sini deh ya. Takut menimbulkan persepsi yang tidak menyenangkan. Hehe.

Intinya sekarang aku paham kenapa berhemat bisa menimbulkan kebanggaan.

Ketika kita berhasil irit atau hemat, artinya kita mampu mengendalikan diri dari keinginan-keinginan yang tidak perlu. Kita juga mampu mengefektifkan penggunaan barang yang kita miliki sampai di titik terakhir. Dan sebagai tambahan, aku rasa penghematan ini juga akan memunculkan kepekaan diri kita pada lingkungan, tidak mudah membuang barang yang sebenarnya masih bisa disumberdayakan. Jadi meminimalisir jumlah sampah baik dari sisi kuantitas maupun intensitasnya. 😁

Ya pasti ada yang mengorelasikan hemat dengan pelit atau tidak mampu. Ya terserah sih itu mah. Tapi serius deh, bukannya banyak hal di dunia ini yang harus kita hemat? Penggunaan kertas, listrik, air, tisu, plastik, dan masih banyak lagi yang tampaknya remeh sekali. Tapi kalau berhasil kita lakukan bersama-sama, kita tidak hanya menyelamatkan bumi, tapi juga menyelamatkan keberadaan spesies kita sendiri.

Jadi enggak ada salahnya dengan berhemat, kan? Hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s