Bersilaturahmi Bisa Semenyenangkan Ini

Beberapa waktu yang lalu selama dua hari saya diajak suami bersilaturahmi ke beberapa keluarga. Sudah agak lama kami tak mengunjungi orang-orang yang kami kenal. Rasanya sudah saatnya kami harus mulai membangun kebiasaan untuk berkunjung dan menguatkan tali silaturahmi.

Sebenarnya saya sendiri tipe orang yang introvert, cenderung senang sendiri tapi juga tidak masalah –bahkan dalam beberapa momen bisa cenderung senang sekali—ketika harus berkumpul atau bertemu orang. Hanya saja memang beberapa bulan ini, saya cenderung senang saja di rumah, tidak banyak keluar rumah untuk bertemu orang.

Tapi, selama dua hari kemarin, ternyata saya menemukan bahwa bersilaturahmi memang sebenarnya menyenangkan juga. Bertemu orang-orang yang kita kenal, berbincang dan saling memberi kabar mengenai kehidupan yang terlewatkan.

Paling ngga, ada saja wawasan-wawasan baru –sesedikit apapun dan apapun itu– yang didapatkan. Bahkan mungkin sekedar informasi yang dianggap remeh oleh orang lain, selama itu sebuah wawasan dan pengalaman baru, tetap saja menyenangkan.

Bersilaturahmi tidak harus selalu –dalam benak saya—berisi obrolan-obrolan kosong yang tak berguna. Tergantung kita mau membawa ke mana arah pembicaraan. Dan bahkan hanya sekedar diam dan memperhatikan sekitar, juga bisa menjadi jendela wawasan yang tak terduga.

Benar saja bila Islam mengajarkan kita untuk bersilaturahmi. Karena terbukti lewat penelitian, bahwa silaturahmi dan memperbanyak teman dapat memperpanjang usia. Karena ternyata, bersilaturahmi bisa semenyenangkan ini.

4 thoughts on “Bersilaturahmi Bisa Semenyenangkan Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s