[Copas] Tulisan: Mata Hakim

Aku tumbuh dalam masyarakat yang setiap matanya adalah hakim. Bagaimana mungkin seseorang di nilai negatif hanya karena dia adalah seorang seniman. Bukanlah semua keindahan yang dilihat di dunia ini, masjid yang penuh kaligrafi dan ornamennya, gereja yang begitu indah dengan hiasannya, dan berbagai keindahan yang dikenakan dalam bentuk warna dan motif kain, semua itu lahir dari tangan para seniman. Bahkan mereka (para seniman) belajar menghabiskan banyak waktu dan pikirannya untuk itu.

Bagaimana mungkin seseorang dinilai tidak berharga hanya karena pendidikannya tidak setara, padahal pada masa sebelum semua hal dihargai dengan gelar dan sertifikat seperti saat ini, manusia dimanusiakan bukan karena gelar sarjana itu tapi karena kebaikan budi, kerendahan hati, dan ketinggian ilmunya. Bagaimana mungkin harga diri seorang manusia ditentukan dari selembar kertas ijazah dan saldo rekening di bank sebagai bukti gaji bulanan.

Bagaimana mungkin seorang manusia dinilai ahli neraka hanya karena saat ini ia belum pandai beribadah sebagaimana orang lain. Bagaimana mungkin seorang manusia dihakimi padahal proses hidupnya belum selesai. Bagaimana bisa seorang manusia tega mematahkan harapan manusia lain pada kebaikan-kebaikan yang Allah janjikan. Sebegitu sombongkan manusia hingga merasa dirinya lebih benar daripada orang lain?

Aku tumbuh dalam masyakart dengan mata-mata yang penuh penghakiman. Kala kebaikan dinilai dari apa yang tampak oleh mata. Kala kebaikan dinilai dari gelar sarjana, pekerjaan dan gaji bulanan. Kala manusia dihargai karena kecantikan dan ketampanan. Kala manusia semakin takut pada ketidakmapanan dan kehilangan kenyamanan.

Aku rindu dunia yang sunyi. Agar aku bisa membangun duniaku sendiri. Sayangnya tidak pernah ada, mungkin di surga nanti. Aku rindu untuk bisa ke sana.

Yogyakarta, 30 Maret 2016 | ©kurniawangunadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s