Enaknya Donor Darah

Tanggal 28 Agustus 2016 kemarin ada Gerakan Donor Darah yang jadi program nasional Jemaat Ahmadiyah Indonesia. Saya dan suami juga ikut memeriahkan acara ini di Makassar.

Terus terang saya tuh pesimis banget bisa lolos donor darah. Seumur hidup saya baru dua kali donor darah dan itu pun nyaris pingsan sesudahnya. Yang terakhir kali bahkan saya sampe digotong dan saya nggak sadar kalau saya digotong orang-orang 😁

Tekanan darah saya itu rendah banget. Waktu saya konsultasi, kata dokter ada tiga hal yang menjadi penentu rendah atau tingginya tekanan darah. Pola makan, pola tidur, dan olahraga.

Soal makan sih nggak usah dikomentarin ya. Udah pasti nggak ada masalah 😁 Begitu juga pola tidur, nggak kurang sama sekali 😁 Masalah utama memang saya kurang banget olahraga. Dan sepertinya ada juga faktor keturunan karena ayah saya tensinya rendah.

Pada acara donor darah kali ini, jujur sebenarnya saya merasa kurang begitu fit. Perjalanan Selayar-Makassar yang panjang dan melelahkan membuat saya kurang waktu tidur. Badan kerasa kurang enak aja sebenarnya.

Tapi saya nekat aja daftar. Dan nggak disangka, saya lolos!

Sepertinya faktor usia juga menentukan ya. Saya pernah dengar katanya semakin tua usia kita, biasanya tekanan darah juga semakin tinggi.

Maka diambillah darah saya. Dan sesudahnya pun, ajaibnya saya nggak ngerasa pusing sama sekali. Normal aja gitu. Dan ternyata badan juga lebih enteng rasanya.

Saking enaknya, saya udah niat nih nanti mau secara rutin ikutan acara donor darah. Seneng aja kalau tahu ada bagian tubuh saya yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Bisa membantu orang lain. Dan kita juga jadi sehat dibuatnya 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s