Lari Sekencang-Kencangnya

Baca-baca diary, ternyata saya pernah menulis soal target.

Kalau tidak salah waktu saya SMA, saya pernah sengaja ikut tes minat dan bakat. Salah satu yang disarankan psikolog kepada saya adalah, saya perlu memasang target untuk melakukan berbagai hal.

Nah masalahnya sepertinya saya payah banget kalau sudah urusan pasang target. Lalu kemudian datanglah kutipan-kutipan nan inspiratif dari Iman Sjafei, Agnes Monica, dan Lukman Sardi.

Iman Sjafei (silakan googling 😁) pernah ditanya soal target hidupnya. Dan dia menjawab sederhana saja, dia hanya ingin berlari sekencang-kencangnya. Targetnya cuma satu: SIAP.

Siap untuk membiayai sekolah anak yang mahal. Siap untuk membeli gadget apapun yang dia inginkan. Siap untuk membiayai kehidupan istri kapan aja. Dan siap untuk serangkaian tantangan di masa depan.

Agnes Monica targetnya juga sama: SIAP. Siap untuk segala kesempatan yang datang di masa depan. Apapun itu. Karena nggak ada gunanya kesempatan itu datang tapi diri sendiri nggak siap menyambutnya.

Lukman Sardi juga memiliki prinsip yang sama. Dia mengatakan bahwa kalau kita sebaiknya SIAP untuk segala naik turunnya keadaan dalam perjalanan menggapai cita-cita.

Sepertinya prinsip ini pas banget untuk saya yang memang punya masalah soal target. Daripada punya target banyak-banyak, mending mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Memang nggak gampang ya karena masalah kesiapan ini tolak ukurnya berbeda-beda pada diri setiap orang. Saya sendiri juga masih sangat jauh dari kata SIAP bahkan menurut tolak ukur saya sendiri.

Tapi, daripada saya bingung dan pasang target yang muluk-muluk yang entah bisa tercapai atau tidak, lebih baik saya bilang pada diri sendiri untuk pasang target sederhana saja. Yaitu lari sekencang-kencangnya.

Leave a Reply

