Sanggah dengan Tulisan yang Baik

Beberapa hari yang lalu, saya baca tulisan bagus karya Mbak Nong Darol Mahmada. Judulnya Ahok Pemimpin Islami.

Di suasana pilkada yang panas seperti bara api ini, judul tulisan semacam ini sudah pasti kontroversial sekali.

Tapi karena saya suka dan saya setuju, maka saya bagi tulisan ini di Twitter saya, dan di-retweet pula sama Mbak Nong.

Ketika saya tahu bahwa tweet saya itu di-retweet Mbak Nong, saya tahu akan banyak respon yang dialamatkan ke saya. Respon positif, terlebih lagi respon negatif.

Dan bener, yang merespon negatif suaranya kenceng dan berisik. Berisik dengan caci maki.

Tapi entah karena saya udah menyiapkan mental atau mungkin udah punya pengalaman dalam hal-hal semacam ini, saya nggak kaget apalagi marah.

Ya biasa aja gitu.

Yang saya rasain justru sedih, miris, dan kasihan. Ya sedih dan miris aja gitu dengan ketidakmampuan mereka menjawab sanggahan dengan baik, benar, dan santun.

Kasihan karena daripada menyanggah dengan tulisan yang sama baiknya, mereka memilih untuk menonjolkan emosi. Padahal justru emosi ini memperjelas ketidakmampuan mereka dalam menyanggah. Apalagi menyanggah dalam tulisan yang sama baiknya.

Saya sih nggak terpikir sama sekali untuk membalas segala caci maki yang ditujukan ke saya dan Mbak Nong. Sia-sia dan buang-buang tenaga.

Orang-orang semacam itu memang nggak mau berusaha dengan hati dan pikiran terbuka memahami, apalagi menerima apapun yang kita katakan.

Saya memilih untuk mengabaikan. Senyumin aja walau mereka nggak bisa lihat senyum saya. Hehe.

Padahal Islam yang saya yakini dan sangat saya cintai ini menyediakan samudera ilmu yang dalamnya tak terhingga. Seandainya ilmu-ilmu ini bisa terjejak dalam tulisan yang baik dan santun oleh umatnya, akan banyak hati yang tergugah.

Sayangnya, dengan modal hanya disuapi oleh ulama yang malas belajar dan malas pula membuka hati dan pikirannya, orang-orang ini merasa ilmunya sudah sekelas profesor.

Prihatin sih.

Leave a Reply

