Menulis Digital

Udah lama banget nggak nulis di laptop. Sebulanan ini mengisi blog kebanyakan dari smartphone karena kebetulan memang sedang sangat menikmati menulis di smartphone dan kefleksibelannya untuk bisa posting kapan aja.

Jadi kemarin itu ada semacam pikiran iseng tapi kayaknya lumayan juga buat diabadikan di blog. Menurut saya 😁

Saya tuh suka banget menulis diary sebulanan ini. Dalam sehari bisa lebih dari 10 hal yang saya tulis panjang lebar di diary. Dan diary-nya di smartphone tentu saja 😁

Menulis digital atau menulis di gadget tuh kalau menurut saya punya banyak banget kelebihan dibandingkan dengan menulis manual menggunakan pulpen dan kertas.

Pertama, menulis digital itu nggak butuh banyak tempat dan menghemat kertas. Bayangkan berapa jumlah kertas yang bisa kita hemat dengan menulis di gadget. Dan berapa banyak buku catatan yang bisa kita bawa hanya dengan membawa satu buah gadget.

Kedua, menulis digital itu sangat efektif ketika kecepatan dan keindahan menjadi tuntutan. Kita tetap bisa menulis dengan cepat dan tulisan kita tetap bisa dibaca dengan sempurna bila kita melakukannya di gadget. Kalau di kertas dengan pulpen, ya sangat nggak mungkin.

Ketiga, menulis di kertas untuk sebuah penjelasan panjang, sama dengan menyediakan diri kembali ke jaman romusha. Alias penyiksaan. Menyiksa tangan karena udah pasti pegelnya sampe ke tulang-tulang bahkan bisa berhari-hari sakitnya. Dan yakin deh tulisan juga akan semakin susah dibaca seiring dengan bertambah sakitnya tangan.

Keempat, menulis digital memiliki resiko kehilangan dan pengubahan lebih kecil dibandingkan dengan menulis di kertas. Catatan yang ditulis di laptop bisa langsung diubah formatnya ke pdf untuk mencegah pengubahan, dan bisa langsung disimpan di cloud untuk mencegah kehilangan.

Di jaman ketika teknologi sudah sedemikian maju, gadget akan lebih efektif digunakan untuk menulis dan mencatat dibandingkan kertas dan pulpen. Bukan karena ingin menjadi terdepan dalam penggunaan teknologi, tapi ya karena itu tuntutan.

Penelitian saat ini memang masih belum berpihak pada dunia digital. Misalnya, ditemukan bahwa menulis dengan tangan lebih bisa menjaga daya ingat karena gerakan tangan yang terlibat dalam penulisan itu menjadi simultan bagi otak untuk menjaga daya ingat [1]. Kita akan lebih ingat dengan apa yang kita tulis dengan tangan dibanding apa yang kita ketik.

Kemudian ada penelitian lagi yang mengatakan bahwa kita akan lebih mudah mengingat apa isi sebuah buku dalam bentuk cetak daripada bentuk digital [2]. Karena dalam bentuk cetak, tulisan-tulisan itu sudah terjejak dalam posisinya masing-masing sehingga posisi tulisan lah yang membuat kita lebih mudah mengingat isi sebuah buku dalam bentuk cetaknya. Sementara dalam ebook, posisi tulisan berubah-ubah sehingga otak kita belum terbiasa dengan itu.

Soal daya ingat ini, saya sendiri belum bisa membuktikan karena saya sendiri memang agak kurang daya ingatnya 😁 Tapi yang sejauh saya bisa ingat dan rasakan, saya masih lumayan bisa mengingat sebagian isi buku digital yang pernah saya baca di masa yang lumayan lampau.

Jadi, menurut saya sih (atau sekedar usaha membela diri 😁) itu hanya persoalan waktu. Kita manusia akan bisa beradaptasi dengan itu. Ini soal mengubah kebiasaan saja yang memang sudah terbentuk ribuan tahun. Dan memang dengan kemajuan teknologi yang hanya terjadi dalam jangka waktu beberapa dekade, kita memang sangat membutuhkan waktu untuk terbiasa. Tapi kita bisa.

Atau nantinya kita akan dipaksa untuk bisa 😁

*Referensi:
[1] Studi Buktikan: Daripada Pakai Gadget, Menulis di Buku Bikin Kamu Gak Gampang Pikun! | IDNtimes.com https://science.idntimes.com/discovery/indra/studi-buktikan-daripada-pakai-gadget-menulis-di-buku-bikin-kamu-gak-gampang-pikun

[2] Do E-Books Make It Harder to Remember What You Just Read? | TIME.com http://healthland.time.com/2012/03/14/do-e-books-impair-memory/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s